Laman

Selasa, 20 April 2010

Sistem Perekonomian di Indonesia

Nama : Bintang Parulian Sinaga
Kelas : 2 KA 15
NPM : 12108181

Sistem perekonomian merupakan sebuah sistem yang yang digunakan suatu negara untuk mengatur perekonomian dinegaranya. Sebagai contoh, di negara Amerika serikat sistem perekonomjiannya menggunakan sistem Liberal, Rusia dengan Marxismenya dan banyak lagi sistem perekonomian yang digunakan dinegara-negara dibelahan dunia. Hal ini di karenakan adanya perbedaan kultur, budaya, keadaan geografis, kekayaan alam.
Indonesian sendiri menggunakan Sistem ekonomi pancasila, yang mana landasan sistem perekonomian tersebut didasari oleh pancasila yang merupakan identitas bangsa indonesia, dimana sistem ekonomi tersebut mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
1. Warga negara memiliki kebebasan dalam memilih pekerjaan yang dihendaki serta mempunyai hak akan pekerjaan dan penghidupan yang layak.
2. Hak milik perorangan diakui dan pemanfaatannya tidak bertentangan dengan kepentingan masyarakat.
3. Potensi, inisiatif dan Daya kerasi setiap warga negara dikembangankan sepenuhnya dalam batas-batas yang tidak merugikan kepentingan umum.
4. Fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh negara
5. Bumi, air, dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Dari beberapa ciri di atas, dapt disimpulkan bahwa sistem ekonomi pancasila merupakan salah satu sistem yang menurut saya sangan baik. Hal ini tidak berebihan, karena pada sistem ekonomi ini lebih mengutamakan kepentingan rakyat dibandingkan dengan sstem ekonomi Kapitalis dan Liberal yang mana setiap individu dapat memonopoli semua aspek ekomnomi dinegara itu. Lain halnya dengan sistem ekonomi Pancasila, dimana setiap usaha harus tidak boleh menganggu khalayak banyak sehingga kesenjangan sosial tidak akan terjadi.
Dalam sistem ekonomi pancasila juga disebutkan bahwa setiap warga negara dijamin haknya untuk mempunyai pekerjaan oleh negara. Maka dari itu dapat kita lihat sekarang ini banyak UKM yang di berikan bantuan modal dari negara, anak-ank terlantar pun mendapatkan tempat tinggal yang layak untuk berteduh, yang kemudian sistem ini pada masa ini disebut sebagi "sistem ekonomi rakyat".
Kesimpulannya, Sistem Ekonomi Pancasila merupakan sistem ekonomi yang paling tepat untuk digunakan di negara indonesia yang sesuai dengan kultur, budaya serata letak geografisnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright 2010 Binz_
Transparant Creative Art template by Bintang Parulian