Laman

Senin, 09 Mei 2011

LAPORAN KEGIATAN PROGRAM LOMBA GERAK JALAN DESA CILIANG KKNM UNPAD 2010


TUGAS BAHASA INDONESIA
Nama : Bintang Parulian
Kelas : 3 KA 15
NPM   : 12108181


LAPORAN KEGIATAN PROGRAM LOMBA GERAK JALAN DESA CILIANG KKNM UNPAD 2010

A. Pendahuluan 
1. Latar Belakang 
Kemerdekaan Republik Indonesia diperingati setiap tanggal 17 Agustus. Untuk memeriahkan Hut RI tersebut, masyarakat biasanya mengadakan kegiatan lomba. Salah satu lomba yang dilakukan di Desa ciliang adalah lomba gerak jalan. Untuk ikut berpartisipasi maka kami anak-anak KKNM dari Universitas padjajaran menjadi panitia lomba gerak jalan tersebut. Lomba ini ditujukan untuk semua masyarakat yang ada di Desa Ciliang, baik yang dewasa maupun anak-anak. Setelah lomba gerak jalan sebagai lomba utama, dilanjutkan dengan lomba khas acara tujubelasan yaitu lomba tarik tambang, lomba makan kerupuk dan lomba kelereng. Pesertanya dari peserta lomba gerak jalan.
  1. 2. Tujuan
Tujuan dari Kegiatan ini adalah untuk memeriahkan HUT RI ke.65 serta menjalin silaturahmi antar masyarakat yang ada di Desa Ciliang. Dari kegiatan lomba ini diharapkan masyarakat lebih saling kenal dan  bersosialisasi dengan baik. Bagi kami,kegiatan ini dapat menumbuhkan cinta kepada Negara Republic Indonesia
3. Manfaat
Manfaat dari kegiatan ini adalah masyarakat Desa Ciliang diharapkan memiliki rasa nasionalisme yang tinggi. Di samping itu, manfaat yang dirasakan dengan diadakannya kegiatan ini adalah memasyarakatkan hidup sehat.
  1. 4. Deskripsi Kegiatan
Kegiatan lomba gerak jalan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT RI ke 65. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 22 juli 2010 di Desa Ciliang. Peserta dari lomba ini terdiri dari anak-anak yang mewakili sekolah dan dewasa yang mewakili dusun masing-masing. Panitia dari kegiatan lomba ini adalah KKNM dari Universitas Padjajaran Bandung. Rute gerak jalan yang dilewati yaitu start di pantai batuhiu, kemudian melewati  balai desa menuju daerah dusun girijaya kemudian balik ke daerah pantai batuhiu.
Setelah kegiatan lomba gerak jalan dilanjutkan dengan lomba-lomba lainnya seperti tarik tambang, kelereng dan lomba makan kerupuk. Peserta dari lomba trsebut adalah peserta lomba gerak jalan. Lomba ini diadakan di pinggir pantai batuhiu Desa Ciliang.
B. Rundown Kegiatan
Adapun Susunan acara Program Lomba Gerak Jalan HUT RI ke-65 Desa Ciliang:
Rundown Kegiatan Lomba Gerak Jalan
WaktuKegiatanDurasiKeterangan
07.00-08.00Sudah sampai di Batu Hiu+ Persiapan Lomba Gerak Jalan1 jamPasang Spanduk, sound, perlengkapan pendaftaran, dll
08.00-09.30Pendaftaran1 ½ JamPanitia pendaftaran siap di tempat, pemberangkatan panitia ke pos maisng-masing.
09.30-11.30Lomba Gerak Jalan2 Jam
11.30-13.30Lomba tujuh belas Agustusan2 JamTarik tambang, makan kerupuk, balap kelereng
C. Job Desk :
Pembagian tugas sebagai berikut:
Tim Penilai
Pos satu
  1. Yoswita Damayanti
  2. Eka Heri Haryadi
Pos dua
  1. Fatin Nadhirah
  2. Anggi Yuliandus S
Pos tiga
  1. Felix Sihombing
  2. Liya Dahliyawati
Pos empat
  1. Dian Perdana
  2. Citra R. Amalia
Tim Pendaftaran dan Perekap Nilai
  1. Oki Maryanti Resti
  2. Arnis Fahriah
  3. Annisa
Logistik
  1. Lukman Cassindi
  2. Ibnu Faizal Dante
Dokumentasi
  1. Muhamad Al-Farissy
  2. Aditya Rachman
Konsumsi
  1. Ashley Evans
  2. Antokowulan Novia Pradipa
D. Hasil Program :
Program ini berlangsung lancar sesuai dengan rancangan Program, walaupun waktu kegiatan selesai lebih cepat dari jadwal yang sudah disusun. Hal ini terjadi karena peserta tidak sesuai dengan perkiraan semula yang biasanya yang mendaftar mencapai 25 tim, tahun ini hanya sepuluh tim karena tepat dengan  musim  panen sehingga ketika diadakan lomba 17 Agustusan pesertanya sedikit.
E. Kendala
Kekurangan dari kegiatan ini adalah sulitnya mengatur ke-kondusifan anak-anak pada saat lomba tujuh belas agustusan. Dan keterlambatan waktu pemberangkatan peserta lomba dikarenakan menunggu peserta yang belum datang.
Kendala lain dari kegiatan ini adalah kurangnya panitia sehingga berdampak pada rumitnya pengaturan ketika pelaksanaan di lapangan dimana rute yang dilalui juga cukup panjang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright 2010 Binz_
Transparant Creative Art template by Bintang Parulian