Laman

Sabtu, 16 Maret 2013

Mengapa Etika dan Profesionalisme Teknologi Sistem Informasi diperlukan

Mengapa Etika dan Profesionalisme Teknologi Sistem Informasi diperlukan ?

 

Pertanyaan diatas tersebut muncul berdasarkan tulisan sebelumnya yang membahas Etika dan Profesionalisme Teknologi Sistem Informasi

           Sebelum menjawab pertanyaan diatas tersebut, ada baiknya kita kembali membuat pertanyaan kepada diri kita masing-masing mengenai kebutuhan serta keberadaan kita sebagai pelaku dan pengguna Teknologi Sistem Informasi. Mungkin kita dapat menjawab judul pertanyaan diatas tersebut dengan contoh berikut. 

            Apabila kita membuat suatu tulisan entah di forum, milis ataupun di sosial media sekalipun yang isinya merupakan original dan benar-benar hasil dari analisis ataupun penelitian kita masing-masing, tiba-tiba ada yang meng-copy hasil karya kita tersebut dan mempulikasikan ulang lalu mengakui bahwa itu merupakan hasil usahanya ?. Namun setelah dilakukan pengecekan secara meta-data ternyata pelaku tersebut memang meng-copy aritkel ataupun tulisan yang telah ia dapat. Sudah pasti pelaku copy tersebut di bully atau  bahkan di banned dari forum atau milis yang bersangkutan.

            Saya sering sekali melihat kasus tersebut dibeberapa forum, contohnya di kaskus dimana saya sering membaca tulisan-tulisan ataupun sekedar "iseng". Di forum lounge yang terdapat disitus tersebut saya juga melihat banyak fenomena plagiatrisme yang meng-copy artikel milik orang lain tanpa menuliskan sumbernya. Maka dari fenomena tersebut setidaknya kita sudah dapat menjawab judul diatas, yakni pentingnya Etika dan Profesionalisme dalam dunia infomasi agar kita menghargai karya milik orang lain. Disamping itu, saya rasa dengan melakukan etika-etika profesionalisme dalam membuat suatu penulisan yang kita publikasi, akan membuat banyaknya penulisan-penulisan ataupun artikel yang bermutu.

           So, masih masih mau copy-paste milik orang lain ? Mau sampai kapan bro.. Mari kita bangun budaya "Tau Malu" seperti orang Jepang, setidaknya agar kita mampu mengejar mereka dalam kemajuan yang mereka punya.

Move on.... 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright 2010 Binz_
Transparant Creative Art template by Bintang Parulian