Laman

Senin, 11 April 2011

Android

 Mengenal Android

        Bagi sebagian orang kata ini sangat asing sehingga banyak orang yang beranggapan handphone merk apakah ini ? Tetapi bagi Anda sebagai programmer dan netter yang aktif di dunia maya pasti hal ini tidak asing lagi.
Android adalah robot yang dibuat menyerupai manusia, baik secara tampilan maupun tingkah laku. Kata ini berasal dari bahasa Yunani "andr-" yang berarti "laki-laki", dan akhiran "-eides", yang berarti "dari spesies; menyerupai" (dari "eidos": spesies). Kalau kita tahu akan film Star Trx, film menceritakan tentang manusia ruang angkasa, maka robot Android itu muncul dalam film ini.
         Pada awalnya sebagian orang beranggapan bahwa Google mengeluarkan Google phone yang sekarang kita kenal dengan Android. Mmelihat pasar mobile yang begitu cepat maka Google melihat suatu peluang bisnis yang besar dan Google sangat berambisi untuk ikut di dalam persaingan teknologi mobile phone ini.
Android itu sendiri adalah open source yang dikembangkan oleh Google. Yang berambisi menyaingi microsoft dengan Windows. Google begitu gencarnya meluncurkan open source dengan membuat komunitas, memberikan edukasi yang sangat menarik bagi netter untuk mengenal lebih dalam dari open source ini. Open source ini di umumkan pada 5 november 2007, ketika diluncurkan banyak mengundang detak kagum dan perhatian begitu banyak orang.
        Selama ini kita mendengar open source seperti linux, symbian, windows mobile, dan sebagainya. Dengan munculnya android yang dapat dijalankan pada ponsel anda, membuat semua produsen ponsel berlomba mengunakan open source ini. 
         Hal yang menarik bahwa open source ini diberikan secara gratis, ini membuat semua produsen handphone dunia mengembangkan ponsel dengan open source android. Dengan open source gratis secara otomatis mengurangi biaya produksi dari ponsel tersebut dan membuat persaingan ponsel itu menjadi ketat. 

Apa saja Fitur OS Android ?

Masih berlanjut seputar OS Android, berikut ini merupakan fitur-fitur andalan dari OS Android.


1. Handset layout
          Platform disesuaikan dengan lebih besar, VGA, grafik 2D perpustakaan, grafis 3D perpustakaan berdasarkan OpenGL ES 1,0 spesifikasi, dan tata letak smartphone tradisional.


2. Storage (Penyimpanan)
          Software database SQLite digunakan untuk tujuan penyimpanan data


3. Connectivity (Konektivitas)
          Android mendukung teknologi konektivitas termasuk GSM / EDGE, CDMA, EV-DO, UMTS, Bluetooth, dan Wi-Fi.


4. Messaging (Pesan)
          SMS dan MMS tersedia bentuk threaded pesan termasuk pesan teks.


5. Web browser (Web browser)
          Browser web yang tersedia di Android didasarkan pada open source WebKit kerangka aplikasi.


6. Java support (Dukungan java)
          Perangkat lunak yang ditulis di Jawa dapat dikompilasi akan dieksekusi dalam Dalvik mesin virtual, yang merupakan implementasi VM yang dirancang khusus untuk perangkat mobile digunakan, meskipun tidak secara teknis standar Java Virtual Machine.


7. Media support (Dukungan media)
          Android berikut mendukung audio / video / masih format media: H.263, H.264 (dalam 3GP atau MP4 wadah), MPEG-4 SP, AMR, AMR-WB (dalam kontainer 3GP), AAC, HE-AAC (dalam MP4 atau kontainer 3GP), MP3, MIDI, OGG Vorbis, WAV, JPEG, PNG, GIF, BMP.


8. Additional hardware support (Dukungan hardware tambahan)
          Android dapat menggunakan video / still camera, touchscreens, GPS, pengukur kecepatan, magnetometer, akselerasi 2D bitblits (dengan hardware orientasi, scaling, konversi format piksel) dan mempercepat grafis 3D.


9. Development environment (Lingkungan pengembangan)
          Termasuk perangkat emulator, tools untuk debugging, memori dan kinerja profil, sebuah plugin untuk Eclipse IDE.


10. Market (Pasar)
          Mirip dengan App Store pada iPhone OS, yang Android Pasar adalah sebuah katalog aplikasi yang dapat didownload dan diinstal untuk menargetkan hardware over-the-air, tanpa menggunakan PC. Awalnya hanya freeware aplikasi yang didukung. Paid-untuk aplikasi telah tersedia di Pasar Android di Amerika Serikat sejak 19 Februari 2009.


11. Multi-touch
          Android memiliki dukungan asli untuk multi-touch tapi fitur dinonaktifkan pada level kernel (mungkin untuk menghindari Apple melanggar paten pada teknologi layar sentuh). Model tidak resmi telah dikembangkan yang memungkinkan multi-touch, tetapi membutuhkan superuser akses ke perangkat berkedip kernel yang unsigned.
Android telah melihat sejumlah update sejak rilis aslinya. Pembaruan ini ke basis Sistem Operasi biasanya memperbaiki bug dan menambah fitur baru.
Pada tanggal 30 April 2009 resmi 1.5 (Cupcake) update untuk Android dirilis. Ada beberapa fitur baru dan update UI termasuk dalam 1,5 diperbaharui:
  • Kemampuan untuk merekam dan menonton video dengan modus kamera
  • Meng-upload video ke YouTube dan gambar ke Picasa langsung dari telepon
  • Lembut baru keyboard dengan sebuah “Autocomplete” fitur
  • Kemampuan untuk secara otomatis terhubung ke headset Bluetooth dalam jarak tertentu
  • Widget baru dan folder yang dapat mengisi desktop
  • Animasi antara layar
  • Kemampuan diperluas “copy and paste” untuk memasukkan halaman web

          Nah, dari sekian banyak fitur canggih di atas, terlebih pengembangannya yang bebas dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja membuat saya sangat tertarik mengembangkan Sistem Operasi yang satu ini, yah,,, walaupun masih baru bisa bikin program-program sederhana sih.hehe..
Bagaimana dengan kalian??? beranikah untuk mencoba sistem operasi yang menjanjikan ini?.


Diambil dari : http://teknologi.kompasiana.com/2010/03/03/mari-kita-bahas-tentang-os-android/ dan berbagai sumber.

1 komentar:

  1. MCD : Casino & Sportsbook | DrMCD
    MCD's 이천 출장샵 professional football 화성 출장샵 tips, today's 대구광역 출장마사지 and the 과천 출장샵 weekend's football scores. 태백 출장샵 We also feature the latest odds, tips and picks. Join Dr.MCD today.

    BalasHapus

Copyright 2010 Binz_
Transparant Creative Art template by Bintang Parulian