Laman

Minggu, 30 Mei 2010

Struktur Pasar

Nama : Bintang Parulian Sinaga
Kelas : 2 KA 15
NPM : 12108181


1. PASAR PERSAINGAN SEMPURNA
Merupakan struktur pasar atau industri dimana terdapat banyak penjual atau pembeli dan setiap penjual maupun pembeli tidak mempengaruhi dalam penentuan harga barang yang penjual beliukan di pasar. Harga barang yang diperjual belikan di tentukan oleh mekanisme pasar(kekuatan permintaan dan penawaran).

Ciri-ciri atau karakteristik dari Pasar Persaingan Sempurna adalah:
1. Perusahaan adalah pengambil harga.
Pengambil harga yang dimaksud adalah berarti perusahaan yang ada didalam pasar tidak dapat menetukan atau mengubah harga pasar. Apapun tindakan perusahaan dalam pasar tidak menimbulkan perubahan haraga dalam pasar. Haraga barang ditentukan oleh interaksi antara konsumen dengan pembeli didalam pasar. Seorang Produsen adalah terlalu kecil peranannya didalam pasar, sehingga tidak dapat mempengaruhi penentuan harga atau tingkat produksi di dalam pasar.

2. Hambatan untuk masuk pasar bagi suatu perusahaan sangat rendah.
Sekirannya perusahaan mengalami kerugaian dan ingin meningkatakan produksi dalam pasar tersebut, hal ini akan sangat mudah dilakukan, sebaliknya apabila ada produsen ingin melakikan kegiatan didalam kegiatan industri tersebut, produsen dapat dengan mudah melakukannya.

3. Menghasilkan barang serupa
Barang dihasilkan perusahaan tidak sulit untuk dibeda-bedakan, barang yang dihasilkan sangat sama.

4. Terdapat banyak perusahaan dipasar
Sifat inila yang menyebabkan pasar tidak mempunyai kekuasaan untuk mengubah harga. Sifat ini meliputi 2 aspek, yakni jumlah perusahaan yang sangat banyak da masing-masing perusahaan adalah relatif kecil jika dibandingkan dengan jumlah keseluruhan perusahaan yang ada didalam pasar. Sebagai akibatnya produksi setiap perusahaan relatif kecil apabila dibandingkan dengan jumlah industri dalam perusahaan tersebut.

5. Pembeli mempunyai informasi yang sempurana tentang keadaaan pasar.
Dalam pasar persaingan sempurna juga diasumsikan bahwa setiap konsumen mempunyai informasi yang sempurna tentang keadaan pasar, yaitu mereaka mengatuhui tingkat harga barang yang berlaku di pasar.


2. PASAR MONOPOLI
Adalah sutau pasar dimana hanya ada satu penjual atau produsen saja didalam pasar, dan produsen ini tidak mempunyai barang pengganti yang sangat dekat.
Adapun ciri-ciri pasar monopoli adalah sebagai berikut:
1. Pasar Monopoli adalah industri satu perusahaan.
Sifat ini sudah jelas terlihat dari definisi pasar tersebut, hanya ada satu perusahaan saja dalam pasar tersebut, dengan demikian barang yang dihasilkan tidak dapat dibeli atau didapat ditempat lain. Para pembeli tidak mempunyai pilihan lain, kalau mereka menginginkan barang tersebut, mreka harus membeli dari perusahaan tersebut saja dan syarat-syarat penjualan sepenuhnya ditentukan oleh perusahaan tersebut.
2. Tidak mempunyai barang pengganti yang mirip.
Barang yang dihasilkan oleh pasar monopoli tidak dapat ditemukana diperusahaan lain. Barang tersebut merupakan barang satu-satuya yang terdapat dipasar dan tidak ada yang mirip.
3. Hambatan untuk masuk pasar monopoli sangat tangguh.
Sifat ini merupakan ciri utama dari pasar monopoli, karen aapabila sifat ini tidak ada, maka pasar monopoli tidak akan terwujud. Keuntungan ini ialah tidak adanya persaingan dari perusahaan lain dalam pasar, karena pasar monopoli tersebut memgang penuh pasar tersebut.
4. Dapat mempengaruhi harga.
Hal ini dapat dilakukan karena perusahaan merupakan satu-satunya perusahaan dalam pasar tersebut, maka perusahaan tersebut akan dengan mudah untuk merubah harga pasar tersebut.
5. Promosi iklan kurang diperhatikan.
Hal ini dilakukan karena perusahaan dalam pasar jenis ini mempunyai kekuantan penuh dalam pasar tersebut.

3. PASAR PERSAINGAN MONOLISTIK
Pasar jenis ini pada dasarnya adalah pasar yang berada diantara dua pasar yang ekstrem, yakni pasar sempurna dan monopolistik, oleh karena itu ia mengandung sifat-sifat yang terkandung dalam sifat pasar persaingan sempurna dan pasar monopoli. Dapt didefinisikan bahwa pasar ini terdapat banyak produsen dan menghasilkan barang dengan corak yang banyak pula.
Ciri-ciri pasar persaingan monopolistik:
1. Terdapat banyak penjual.
Terdapat banyak produsen namun tidak sebnayak pasar persaingan sempurna, apabila pasar tersbut sudah mempunyai beberapa puluh perusahaan, maka sudah sapat dikatakan bahwa pasar terseut merupakan monopolistik.
2. Ruangnya bersifat berbeda corak.
Hal ini merupakan sifat dari pasar ini karena terdapat banyak produsen dan produk yang dihasilakan pun beragam.
3. Mempunyai sedikit kekuasaan untuk mempengaruhi harga pasar.
Hal ini dikarenakan perusahaan yang ada tidak dapat berbuat seenaknya karena ada banyak perusahaan lain yang menghasillkan barang yang sejenis.
4. Hambatan masuk dalam persaingan reatif mudah.
Perusahaan yang masuk kedalam pasar ini relatif tidak mempunyai hambatan yang cukup berati dikarenakan perusahaan itu mempunyai banyak peluang yang sama dengan perusahaan lainnya untuk berkembang.
5. Persaingan penjualan barang sangat aktif.
Hal ini timbul dikarenakan ada banyak pesaing yang berada didalam pasar tersebut, maka sebagai cara untuk mendapatkan konsumen, perusahaan yang ada harus berlomba-lomba untuk menarik konsumen sebanyak-banyaknya.

4. PASAR OLIGOPOLI
Pasar jenis hanya terdiri dari sekitar 2-10 perusahaan saja. Pasar jenis ini merupakan jenis pasar yang banyak terdapat didalam pasar modern, yang disebabkan oleh kemajuan terknologi yang berkembang.
Ciri-ciri pasar Oligopoli:
1. Menghasilkan barang standar mapun barang corak.
Hal ini dikarenakan barang yang dihasilakan sangat berpengaruh dengan persaingan yang dihasilkan dengan perusahaan yang ada didalam pasar tersebut.
2. Kekusaan dalam menentukan harga pasar adakalanya tinggi dan adakalanya rendah.
Dua kemungkina ini hanya dapa terwujud apabila perusahhan tersebut mengadakan kerja sama.
3. Pada umumnya pasar ologopoli perlu melakukan iklan.
Hal ini didasarkan dengan adanya beberapa persuhaan yang teteap menjadi ancaman dalam menuntukan harga pasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright 2010 Binz_
Transparant Creative Art template by Bintang Parulian